Cara Membuat Handle Youtube Dengan Mudah dan Cepat

Youtube baru-baru ini meluncurkan fitur baru yang disebut Youtube Handle. Lalu, apa itu Youtube Handle?  dan bagaimana cara membuat Handle Youtube? Yuk simak penjelasan lengkapnya pada ulasan berikut ini.

Selama ini Youtube hanya memiliki nama Channel dan url untuk setiap Channel. Meskipun berguna tapi masih memiliki masalah masing-masing. Nama Channel tidak unik dan url sulit diingat. Inilah sebabnya Youtube merilis Youtube Handle.

Youtube Handle adalah nama pengguna pada akun Youtube, ini seperti nama pengguna di media sosial yang biasa muncul di sebelah simbol @, seperti pada Twitter atau Instagram.

Fitur ini muncul di beberapa tempat pada Channel yaitu halaman Channel utama, tab shorts, hasil penelusuran serta di komentar dan sebutan. Karen unik untuk setiap akun jadi lebih mudah diingat.

Cara membuat handle youtube dengan mudah dan cepat

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Handle Youtube

Sebelum kamu mengklaim Handle Youtube mu, ada beberapa hal yang perlu diketahui.

  1. Handle Youtube hanya nama pengguna untuk akun Channel. setiap orang bisa membuatnya dengan mudah dari platform Desktop dan seluler.
  2. Seperti nama pengguna, handle harus unik dan kamu tidak bisa mengambil handle yang sudah digunakan pengguna lain di Youtube. Selain itu, kamu tidak bisa menggunakan spasi di Handle Youtube, kamu hanya bisa menggunakan huruf, titik, garis bawah (underscore), tanda hubung, dan angka. Panjang setiap nama pengguna 3 sampai 30 karakter.
  3. Sebelumnya, Channel yang memiliki 100 Subscriber memiliki opsi untuk membuat url khusus. Nama yang kamu gunakan untuk url khusus akan dicadangkan untuk nama handle secara default. Namun kamu memiliki pilihan untuk mengubahnya jika diperlukan.
  4. Setiap handle dimulai dengan tanda @. Contohnya @selembar.com .
  5. Kamu bisa menambahkan handle ini ke youtube.com dan membuat url khusus. Misalnya seperti youtube.com/selembarcom, ini adalah url Channel tersebut.
  6. Ini berbeda dengan url khusus sebelumnya yang hanya mengizinkan Channel dengan lebih dari 100 Subscriber yang dapat membuatnya. Siapapun bisa membuat handle dan menggunakan url bersih. Memiliki url bersih membantu membagikan dan mempromosikan Channel. Selain itu, url tidak seperti tautan Scam dengan rangkaian 24 karakter acak.
  7. Karena unik untuk setiap akun, kamu bisa menggunakannya untuk menandai teman di komentar video.
  8. Handle Youtube milik pengguna lain juga bisa kamu lihat di halaman Channel mereka, bagian komentar, Short dan juga di hasil penelusuran.
  9. Yang terpenting ini akan mengurangi komentar spam dan Scam di Youtube. Karena handle unik, sehingga orang lain tidak dapat berkomentar dengan handle yang sama dengan pembuatnya. Berbeda dengan nama Channel, pegangan tidak boleh memiliki emoji dan lain sebagainya.
  10. Youtube juga memastikan bahwa orang tidak dapat membuat handle yang seperti url atau yang menyertakan nomor telepon. Tentunya ini akan mempersulit penipu untuk memasukkan detail kontak mereka ke orang yang ditipu.

Nah bagi kamu yang ingin membuat  Handle Youtube atau mengubahnya, kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.

Baca: 3 Cara Menghapus Riwayat Pencarian Di Youtube Tanpa Ribet

Cara Membuat Handle Youtube di Desktop

Jika kamu membuka Youtube di desktop, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuatnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Youtube dan pastikan sudah login dengan Akun Google mu.
  • Selanjutnya, klik ikon profil yang ada di pojok kanan atas dan pilih Channel Anda.

Klik ikon profil yang ada di pojok kanan atas dan pilih Channel Anda

  • Sekarang pada halaman Channel klik tombol Sesuaikan Channel.

Pada halaman Channel klik tombol Sesuaikan Channel

  • Kemudian pada halaman Penyesuaian Channel, buka tab Info Dasar. Pada tab ini kamu akan menemukan opsi Handle.

Pada halaman Penyesuaian Channel, buka tab Info Dasar

  • Silahkan kamu buat nama handle sesuai keinginan. Kamu bisa membuat nama sebutan unik untuk Channel-mu dengan menambahkan huruf dan angka. Lebih jelasnya kamu bisa baca di sini.

Silahkan kamu buat nama handle sesuai keinginan

  • Terakhir kamu tinggal klik tombol Publikasikan.

Perlu kamu ketahui, jika Handle Youtube-mu diubah dan kamu ingin kembali ke handle lama, YouTube akan memberimu waktu 14 hari. Setelah itu, mereka tidak akan lagi memblokir handle lama milikmu dan siapa pun dapat menggunakannya.

Cara Membuat Handle Youtube di Aplikasi Youtube

Apabila kamu menggunakan ponsel, kamu bisa membuat atau mengubah Handle Youtube langsung melalui aplikasi Youtube. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama buka aplikasi Youtube yang ada di ponselmu.
  • Selanjutnya, tekan ikon profil yang ada di pojok kanan atas dan pilih opsi Channel Anda.
  • Kemudian, tekan ikon Edit, di samping kanan tombol Analisis.

Tekan ikon Edit

  • Pada halaman setelan Channel, tekan ikon Edit pada bagian handle.

Tekan ikon Edit pada bagian handle

  • Sekarang kamu buat nama handle sesuai keinginan.

Buat nama handle sesuai keinginan

  • Terakhir kamu tinggal tekan tombol Simpan untuk menyimpannya.

Baca: Ukuran Banner YouTube Lengkap Dengan Cara Memasangnya

Sekarang kamu telah berhasil mengubah Handle Youtube mu. Bahkan setelah diedit, YouTube akan mengalihkan semua tautan handle sebelumnya ke handle barumu selama 14 hari. Kamu juga akan memblokir handle lamamu selama 14 hari sehingga kamu bisa mendapatkannya kembali jika kamu mau. Setelah 14 hari, handle mu akan bebas dan siapa pun dapat memilikinya.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *