Ukuran Kertas Kuarto dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel Serta Kegunaannya

Mengetahui berbagai ukuran kertas kuarto dalam berbagai satuan tentu akan sangat memudahkan Anda dalam mengenali jenis kertas tersebut, sehingga terhindar dari kesalahan yang memungkinkan terjadi.

Kertas merupakan salah satu benda yang sudah tidak asing lagi, terutama bagi para akademisi, perusahaan, dan juga percetakan. Hal ini karena fungsi kertas yang memang penting untuk digunakan. Kemudian, kertas juga memiliki banyak ragam dan juga ukuran, hal inilah yang membuat kita semua harus memahaminya dengan baik.

Salah satu jenis kertas yang sering digunakan adalah kertas kuarto. Kertas kuarto ini bahkan sudah diakui oleh standar internasional. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui ukuran kertas kuarto dalam berbagai satuan agar tidak salah memilih?

Anda tidak perlu khawatir, sebab dalam artikel ini akan dipaparkan dengan jelas mengenai ukuran dan juga kegunaan kertas tersebut. Dengan begitu, Anda tidak mungkin salah memilih ukuran.

Baca juga: Ini dia ukuran kertas F4 dan cara mengaturnya di ms word

Kegunaan Kertas Kuarto

Kertas kuarto adalah jenis kertas yang memang sudah umum dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan penggunaannya pada makalah dan juga skripsi mahasiswa.

Tidak hanya itu, pihak sekolah pun tidak jarang menggunakannya untuk laporan atau hal lainnya. Di bawah ini merupakan kegunaan lain dari kertas kuarto:

1. Media cetak untuk berbagai keperluan.

Kertas ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti mencetak surat tugas, tugas harian, tugas akhir, dan lain sebagainya.

2. Media alternatif untuk menggambar.

Kertas ini juga sangat cocok digunakan sebagai alternatif media untuk menggambar. Hal ini karena ukuran kertas yang tidak terlalu besar dan juga sangat memudahkan untuk menggambar.

3. Media cetak selebaran.

Kemudian, kertas kuarto juga dapat digunakan sebagai media cetak selebaran. Artinya, kertas jenis ini dapat dicetak dengan ukuran minimalis untuk menunjang kesuksesan sebuah acara. Selain penyebaran informasi dapat dilakukan dengan cepat, biaya percetakannya pun mungkin lebih hemat.

Dari pembahasan di atas, kertas kuarto memang beragam dan bisa digunakan untuk berbagai media. Maka, dapat disimpulkan bahwa kertas ini sangat multi fungsi.

Ukuran Kertas Kuarto dalam Mm, Cm, Inci & Pixel

Ukuran Kertas Kuarto dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Berikut ini merupakan pembahasan mengenai ukuran yang dimiliki oleh kertas kuarto, mulai dari milimeter, centimeter, inch dan piksel agar Anda lebih memahaminya jika terdapat perbedaan.

1. Ukuran kertas kuarto dalam satuan milimeter

Ukuran kertas kuarto dalam satuan milimeter adalah 216 x 279 mm. Artinya, tinggi kertas ini adalah 279 milimeter. Sedangkan, untuk lebar kertasnya adalah 216 milimeter.

2. Ukuran kertas kuarto dalam satuan centimeter

Sementara itu, dalam satuan centimeter, kertas kuarto memiliki ukuran sebesar 21,6 x 27,9 cm. Hal ini menunjukkan bahwa kertas kuarto memiliki 21,6 cm untuk lebarnya. Sedangkan angka 27,9 cm menunjukkan tinggi kertas tersebut.

3. Ukuran kertas kuarto dalam satuan inchi

Ternyata kertas kuarto juga memiliki ukuran inchi, sehingga Anda juga harus mengetahuinya. Kertas ini memiliki ukuran sebesar 8,5 x 11 inch. Dengan begitu, tinggi kertas kuarto adalah 11 inch dan lebar kertasnya adalah 8,5 inch.

4. Ukuran kertas kuarto dalam satuan piksel

Kertas kuarto juga ternyata dapat digunakan untuk keperluan desain grafis. Oleh karenanya, terdapat pula satuan piksel untuk menunjukkan ukuran kertas ini. Berikut adalah satuan piksel yang digunakan untuk satuan kertas kuarto.

  • 72 DPI = 612 x 792 piksel
  • 96 DPI = 816 x 1056 piksel
  • 150 DPI = 1275 x 1650 piksel
  • 300 DPI = 2550 x 3300 piksel

Baca juga: Ukuran kertas A0 dalam berbagai satuan

Perbedaan Kertas Kuarto dengan Kertas yang Lainnya

Banyak yang mengira bahwa kertas kuarto ini sama dengan kerta A4. Namun, kedua kertas ini ternyata memiliki perbedaan ukuran, sehingga tidak akan tepat apabila disebut sama. Hal ini karena panjang dan juga lebarnya sangatlah berbeda, meskipun tidak terlalu banyak.

Kertas kuarto ini juga ternyata sudah sangat terkenal dikenal di negara lain, salah satunya Amerika Serikat. Hal ini tentu berbeda dengan kertas junior legal yang tidak sering ditemukan di Indonesia. Kertas ini pula dapat disebut memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan kertas A4. Kemudian, kode untuk menunjukkan jenis kertas ini adalah Qto atau kertas Q.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Kuarto di Microsoft Word

Adapun jika Anda belum mengetahui cara untuk mengatur kertas kuarto di Microsoft Word, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka software Microsoft Word dan pilihlah menu Page Layout dan klik tanda panah kecil di samping kanan tulisan Page Setup.
  • Kemudian, pilih paper menjadi Letter dengan ukuran 21,5 cm x 29,7 cm, klik OK.
  • Kertas sudah diatur menjadi kertas kuarto dan siap digunakan.

Baca juga: Ketahui detail ukuran kertas A4 dalam satuan mm, cm, inci dan pixel

Nah, itulah pembahasan mengenai ukuran kertas kuarto dalam berbagai satuan. Anda perlu mengetahui dan memahaminya agar tidak terjadi kesalahan dalam pencetakan ataupun proses yang lainnya. Dengan begitu, hasil cetakan pun akan sesuai dengan yang Anda harapkan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru