Ukuran Kertas B5 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel Serta Kegunaannya

Ukuran kertas B5 dan kegunaannya – Seiring kemajuan teknologi, industri kertas pun berinovasi menyesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu, kertas dibuat dalam berbagai seri dan variasi. Di antara kertas seri B yang ada, artikel ini akan membahas tentang serba-serbi kertas B5.

Apa itu kertas B5?, berapa saja ukuran kertas B5 dalam berbagai satuan?, dan apa saja kegunaannya? Temukan semua jawaban atas pertanyaan tersebut di artikel ini. Yuk, simak penjelasannya.

Apa itu Kertas B5?

Banyak orang akan memberikan jawaban jika ditanya jenis kertas seri A. Hal ini dikarenakan kertas seri A cukup familier. Namun, bagaimana dengan kertas dari seri B? Mungkin hanya segelintir orang yang tahu apa itu kertas seri B dan karakteristiknya.

Sama seperti kertas seri A, kertas seri B juga memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah kertas berukuran B5. Ukuran kertas B5 merupakan setengah ukuran kertas B4.

Berdasarkan The International Organization for Standardization atau ISO, pengukuran kertas B5 didasarkan pada ukuran satuan mm (milimeter).

Pengukuran kertas B5 dapat dikonversi ke berbagai satuan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, di Indonesia, banyak orang akan mengerti jika ukuran kertas B5 dikonversi menjadi satuan cm (sentimeter). Mereka dapat membayangkan panjang dan lebar kertas jenis ini.

Kertas dengan ukuran B5 ini biasanya dipakai untuk berbagai keperluan percetakan. Sebut saja sampul buku, amplop, ataupun poster. Bahan kertas B5 lebih tebal dan tidak mudah sobek jika dibandingkan dengan kertas dari seri A.

Baca juga: Berapa ukuran kertas A3 dalam cm, mm & inci? Ini detailnya

Ukuran Kertas B5 dalam Berbagai Satuan

Ukuran kertas B5 dalam mm cm dan inci

Kertas seri B, termasuk kertas B5 telah mengikuti dimensi ukuran yang menggunakan satuan milimeter (mm). Ukuran ini telah ditetapkan sesuai dengan ISO 216. Sementara itu untuk mendapatkan ukuran dari satuan lain, Anda bisa melakukan konversi nilai dari mm ke cm, atau dari cm ke inci.

Untuk mengetahui nilai konversinya, berikut ini merupakan beberapa penjelasan ukuran kertas B5 dalam berbagai satuan.

1. Ukuran kertas B5 dalam satuan milimeter (mm)

ISO telah menetapkan ukuran standar setiap jenis kertas dalam satuan mm, termasuk kertas B5. Ukuran kertas B5 dengan satuan mm terdiri dari 176 mm x 250 mm. Artinya, kertas B5 dalam standar ISO menggunakan panjang 250 mm dan lebar 176 mm.

2. Ukuran kertas B5 dalam satuan sentimeter (cm)

Jika Anda kesulitan menggunakan ukuran mm, Anda bisa melakukan konversi ukuran kertas B5 ke dalam satuan cm. Jika ukuran kertas B5 dikonversi, maka ukuran kertas memiliki panjang 25 cm dan lebar 17,6 cm atau 25 x 17,6 cm.

3. Ukuran kertas B5 dalam satuan inci

Salah satu ukuran kertas B5 yang telah ditetapkan ISO 216 adalah dalam satuan inci. Hasil ukuran kertas B5 yang telah di konversi memiliki panjang 9,84 inci dan lebar 6,93 inci.

4. Ukuran kertas B5 dalam satuan piksel (px)

Bagaimana dengan kertas berukuran B5 dalam satuan piksel? Satuan ini di gunakan di dunia desain grafis. Ukuran dalam satuan ini merupakan satuan digital standar komputer.

Ukuran kertas dapat di atur sesuai dengan satuan piksel atau PPI (pixel per inch). PPI ini akan menampilkan jumlah piksel serta kepadatan piksel suatu gambar atau desain digital di layar. Adapun beberapa ukuran kertas B5 dalam satuan piksel sebagai berikut.

  1. Ukuran B5 dengan 72 PPI memiliki lebar 499 piksel dan panjang 709 piksel.
  2. Ukuran B5 dengan 96 PPI terdiri dari lebar 665 piksel dan 945 piksel.
  3. Kertas B5 dengan 150 PPI berukuran 1040 x 1476 piksel. Artinya kertas ini memiliki lebar 1040 piksel dan 1476 piksel.
  4. Kertas B5 dengan 300 PPI memiliki lebar 2079 piksel dan 2953 piksel.

Baca juga: Ini dia detail ukuran kertas A4 dalam mm, cm dan inci

Kegunaan Kertas B5

Kertas berukuran B5 ini sering di manfaatkan oleh industri percetakan profesional untuk kebutuhan alat percetakan. Apa saja kegunaannya? Yuk, simak ulasannya.

1. Sebagai media untuk promosi

Seperti kertas seri lainnya, kertas berukuran B5 memiliki banyak kegunaan, dan salah satunya adalah pemanfaatan sebagai media untuk promosi. Pembuatan poster dan brosur dalam ukuran kecil lebih sering menggunakan kertas B5.

2. Sebagai peralatan kantor

Kertas B5 dapat Anda temukan di peralatan kantor. Kertas dengan ukuran ini di gunakan untuk membuat amplop, mencetak buku tulis, atau kebutuhan lainnya.

3. Sebagai bahan dasar untuk publikasi

Kertas berukuran B5 juga di gunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan majalah. Walaupun tidak semua majalah menggunakan kertas B5, tetapi kertas jenis ini sering di pilih. Hal ini di karenakan karakteristik kertas yang cukup tebal menjadi pilihan tepat untuk bahan dasar majalah.

Baca juga: Ketahui detail ukuran kertas A0 dalam mm, cm dan inci

Inilah penjelasan seputar kertas B5, ukuran kertas B5 dalam berbagai satuan, hingga manfaatnya. Ukuran kertas B5 dalam satuan cm, mm, inci, dan piksel merupakan ukuran standar internasional sehingga dapat di sesuaikan untuk berbagai kebutuhan di berbagai negara.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan tentang kertas B5 dan ukuran dalam berbagai satuan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru