Ukuran Kertas A6 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel Lengkap

Ukuran Kertas A6 dan Fungsinya – Salah satu kertas yang paling sering digunakan di industri percetakan adalah kertas seri A. Kertas ini memiliki berbagai jenis, mulai dari A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, hingga A10. Di antara banyak jenis kertas seri A, artikel ini akan secara khusus membahas tentang kertas A6.

Seperti apa kertas A6 itu? Berapa ukuran A6 dalam cm, mm, inci dan pixel serta apa saja fungsinya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Kertas A6?

Kertas seri A6 menjadi kertas yang banyak digunakan untuk beberapa kebutuhan, termasuk pembuatan kartu pos, buku panduan elektronik, buku catatan kecil, dan lainnya. Kertas jenis A6 memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis A4 dan A5.

Berdasarkan International Organization for Standardization atau ISO 216 kertas A6 memiliki ukuran ¼ dari kertas A4. Karena penggunaannya yang terbatas, kertas seri A6 ini kurang familier untuk kalangan umum.

Ukuran Kertas A6 dalam Berbagai SatuanUkuran Kertas A6 dalam Cm, Mm, Inci

Kertas A6 sudah memiliki lisensi dari ISO sehingga ukurannya ini telah diakui di dunia internasional. Berdasarkan aturan ISO, ukuran A6 dalam satuan milimeter (mm). Namun, guna memudahkan banyak orang, ukuran satuan dalam mm dikonversi. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada banyak orang. Mereka akan lebih mudah memahami ukuran kertas yang telah di konversi.

Baca juga: Ini dia ukuran kertas A4 dalam cm, mm dan inci

Oleh karena itu, kertas ini dikonversi menjadi beberapa satuan, seperti milimeter (mm), sentimeter (cm), inci, dan piksel. Berikut ini merupakan ukuran A6 dalam berbagai satuan.

1. Ukuran kertas A6 dalam mm (milimeter)

Satuan milimeter (mm) merupakan salah satu satuan yang digunakan kertas A6. Sebagaimana telah diakui dunia, satuan mm menunjukkan ukuran lebih detail dibandingkan ukuran lainnya. Kertas A6 dalam mm adalah 148 x 105 mm, dengan tinggi 148 mm dan lebar 105 mm.

2. Ukuran kertas A6 dalam cm (sentimeter)

Ukuran A6 dalam satuan milimeter sering dikonversi ke dalam satuan sentimeter. Hal ini dikarenakan banyak orang lebih memahami ukuran dalam satuan cm. Jika di konversi, ukuran kertas A6 dalam cm adalah 14,8 x 10,5 cm, dengan tinggi 14,8 cm dan lebar 10,5 cm.

3. Ukuran kertas A6 dalam in (inci)

Selain ukuran dalam satuan mm dan cm, A6 juga sering menggunakan satuan inci. Kertas A6 memiliki ukuran 4,13 inci x 5,83 inci. Ini berarti tinggi kertas 5,83 inci dengan lebar 4,13 inci.

4. Ukuran A6 dalam satuan pixel

Satuan piksel biasanya sering di gunakan di dunia desain grafis. Satuan ini memudahkan penggunanya untuk membuat desain dan mencetaknya. Apalagi hasil cetak desain akan berbeda-beda tergantung besar ukuran piksel yang di gunakan.

Untuk A6 dalam satuan piksel, ukuran akan di sesuaikan dengan DPI (dots per in) atau konfigurasi jumlah titik warna (piksel) setiap inci. Berikut ini merupakan ukuran A6 dalam satuan piksel.

  • 72 PPI terdiri dari lebar 298 piksel dan tinggi 420 piksel.
  • 96 PPI memiliki lebar 397 piksel dan tinggi 559 piksel.
  • 150 PPI terdiri dari lebar 620 piksel dan tinggi 874 piksel.
  • 300 PPI terdiri dari lebar 1240 piksel dan tinggi 1748 piksel.
  • 600 PPI memiliki lebar 2480 piksel dan tinggi 3508 piksel.
  • 720 PPI terdiri dari 2976 piksel dan tinggi 4195 piksel.
  • 1200 PPI terdiri dari lebar 4961 piksel dan tinggi 6992 piksel.

Setelah mengetahui ukuran A6 dalam berbagai satuan, selanjutnya akan membahas apa saja kegunaan atau manfaatnya.

Baca juga: Ketahui ukuran kertas F4 dalam cm, mm, inci dan pixel

Manfaat dan Fungsi Kertas A6

Kertas berukuran A6 bisa di gunakan untuk berbagai hal. Berikut ini merupakan beberapa manfaat kertas A6.

1. Bahan dasar untuk kertas termal

Jika Anda pernah mendapatkan setruk hasil belanja dari supermarket atau minimarket, pasti tidak asing dengan kertas termal. Nah, kertas berukuran A6 di gunakan sebagai kertas termal untuk setruk. Setelah pembayaran di lakukan, thermal printer akan mencetak jumlah biaya belanja di atas kertas dengan menggunakan panas.

2. Media promosi

Banyak orang di industri percetakan menggunakan kertas berukuran A6 sebagai media untuk iklan dan promosi. Media promosi yang bisa di buat dari jenis kertas ini adalah brosur kecil atau katalog produk. Dengan menggunakan kertas ini, penggunanya bisa menghemat biaya produksi. Promosi produk pun jadi lebih mudah dan efisien.

3. Peralatan kantor

Jika Anda karyawan di sebuah perusahaan, pasti di lengkapi dengan kartu identitas karyawan. Nah, kartu identitas ini di buat dari kertas berukuran A6. Ukuran kertas yang kecil memudahkan perusahaan untuk membuat kartu identitas.

Baca juga: Ketahui Ukuran Kertas A1 dalam Berbagai Satuan dan Fungsinya

Itulah informasi seputar ukuran kertas A6 dalam berbagai satuan seperti dalam cm, mm, inci dan piksel serta beberapa manfaatnya. Jika Anda ingin terjun ke bisnis percetakan atau penjualan kertas, pastikan untuk memahami jenis kertas, ketebalan, dan ukurannya. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda akan lebih mudah memahami bisnis yang di geluti.

SHARE ON

Leave a Reply