HomeKertasUkuran Kertas A5 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel

Ukuran Kertas A5 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel

Ukuran kertas A5 memiliki banyak satuan seperti dalam cm, mm, inci dan pixel yang dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Lebih jelasnya simak ulasan lengkap berikut ini.

Sudah sering melihat brosur, leaflet, atau katalog? Tahukah Anda, jika ketiga barang tersebut terbuat dari kertas yang berukuran A5. Ukuran kertas ini merupakan setengahnya dari A4, maka tidak heran jika sangat banyak beredar di pasaran.

Kegunaannya, tidak hanya untuk ketiga barang yang disebutkan, tetapi juga dimanfaatkan industri penerbitan untuk mencetak buku-buku yang akan mereka terbitkan, pun dengan block note yang sering Anda jumpai di toko-toko buku.

Seperti halnya seri A lainnya, ukuran kertas A5 juga sudah memiliki standarisasi berdasarkan ISO 216. Berikut uraian singkat mengenai ukurannya dalam berbagai satuan:

Ukuran Kertas A5 dalam Berbagai Satuan

Ukuran Kertas A5 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel

Dibawah ini adalah ulasan mengenai ukuran A5 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel:

1. Ukuran Kertas A5 dalam milimeter

Milimeter merupakan satuan besaran yang berada di urutan terakhir. Dimensi ukuran kertas A5 dalam milimeter adalah 210 x 148 mm. Maka, panjang kertas A5 adalah 210 mm dan lebar 148 mm. Terlihat berukuran besar, tetapi jika mengubahnya ke satuan lain, nyatanya memiliki ukuran yang sama.

2. Ukuran Kertas A5 dalam Centimeter

Centimeter merupakan satuan yang paling sering digunakan dan mudah dikenali atau dihitung. Untuk ukuran kertas A5 dalam centimeter adalah 21,0 x 14,8 cm. Konversinya dari milimeter, panjang A5 dibagi 10. Maka, jadilah panjang A5 adalah 21,0 cm dan lebarnya 14,8 cm.

3. Ukuran Kertas A5 dalam Inci

Inci merupakan satuan yang paling digunakan dalam skala internasional. Maka, tidak heran jika ukuran ini akan menjadi default pengaturan dalam aplikasi pengolah kata seperti microsoft word, libre office, open office, dan sebagainya. Ketika dikonversi, ukuran kertas A5 dalam Inci adalah 8,27 x 5,83 Inci. Untuk panjangnya 8,27 Inci dan lebarnya 5,83 Inci.

Kurang lebih, gambaran dari konversi ukuran kertas A5 ke dalam beberapa satuan adalah seperti ini:

Tabel Ukuran A5 dalam Cm, Mm dan Inci

Ukuran KertasMillimeterCentimeterInci
A5210 x 14821,0 x 14,88,27 x 5,83

4. Ukuran Kertas A5 dalam pixel

Piksel merupakan satuan yang paling banyak digunakan dalam bidang desain grafis, terutama dalam industri percetakan. Dalam piksel, dikenal istilah PPI atau Paper per Inch yang mana menunjukkan tingkat kerapatan yang ditunjukkan pada layar. Semakin besar nilainya, maka hasilnya akan semakin mulus. Gambar pun tidak tampak pecah-pecah.
Dalam konversinya, ukuran A5 dalam satuan pixel dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel Ukuran A5 dalam Pixel

Ukuran KertasPanjang (Pixel)Lebar (Pixel)
A5 - 72 PPI595420
A5 - 96 PPI794559
A5 - 150 PPI1240874
A5 - 200 PPI16531167
A5 - 300 PPI24801748
A5 - 400 PPI33052335
A5 - 600 PPI35024958
A5 - 1200 PPI99611200

Baca juga: Ukuran Kertas Seri A

Barang-barang yang Memanfaatkan Kertas A5

kegunaan kertas a5

A5 berukuran setengah dari A4, sehingga mudah untuk digunakan mencetak apa pun dan mudah ditemukan di pasaran lantaran harganya yang terbilang cukup murah. Bukan hanya pihak-pihak yang bekerja di perkantoran, industri, maupun bidang pendidikan yang menggunakannya, tetapi juga masyarakat umum ketika ingin membuat blocknote ataupun buku-buku kecil seukuran A5.

Agar lebih jelasnya, berikut adalah barang-barang yang memanfaatkan kertas A5:

1. Leaflet

Leaflet adalah selebaran yang berukuran kecil dan sebagai media publikasi ataupun promosi untuk menjajakan produk baik dalam bentuk barang maupun jasa kepada konsumen. Umumnya, terdiri dari kata-kata yang cukup padat tetapi mengenai serta desain yang menarik pembaca untuk melihat. Dalam proses mencetaknya, leaflet umumnya menggunakan kertas berukuran A5.

2. Brosur

Hampir serupa dengan leaflet yang memberikan publikasi berupa informasi atau promosi suatu barang kepada khalayak. Bedanya, brosur dapat terdiri dari beberapa halaman yang berisi rincian lebih detailnya dari produk tersebut agar pembaca lebih paham dan semakin tertarik. Ukuran kertas yang biasa digunakan pun A5.

3. Katalog

Katalog adalah kumpulan produk-produk yang akan ditawarkan kepada konsumen yang dijilid rapi dan dijadikan dalam satu buah buku. Umumnya dalam satu halaman hanya terdiri maksimal dua produk agar pelanggan dapat fokus dengan produk tersebut. Ukuran ideal untuk mencetaknya adalah menggunakan kertas A5 dengan beberapa pilihan jenis kertas seperti Ivory atau art paper.

Baca juga: Ukuran Kertas A4 dalam Cm,Mm, Inci dan Pixel

4. Blocknote

Sering melihatnya di pasaran, tetapi mungkin Anda tidak menyadari jika ternyata blocknote pun umumnya menggunakan ukuran A5. Meskipun tidak dapat kita pungkiri jika ada ukuran-ukuran lain yang beredar seperti A6 dan A4.

Dalam pembuatannya, blocknote biasanya menggunakan kertas berjenis HVS dengan dua pilihan yaitu bergaris dan polos. Keduanya memiliki kegunaan dan tujuan masing-masing. Jika bergaris agar dapat membantu catatan lebih rapi, yang polos lebih banyak digunakan untuk menggambar.

5. Kalender

Tiap awal tahun pasti akan ada banyak cetakan kalender yang beredar di pasaran. Mulai kalender duduk hingga kalender dinding dengan berbagai ukuran. Namun, untuk kalender duduk biasanya menggunakan kertas berukuran A5 agar muat ketika menaruhnya di atas meja kerja.

6. Novel

Pada dasarnya, novel memiliki ukuran yang beragam. Namun, yang paling banyak adalah A5 karena lebih pas untuk digenggam dan nyaman dibaca. Umumnya jenis kertas yang digunakan adalah HVS 700 ataupun 800 gram atau bookpaper.

Baca juga: Ukuran Kertas A2 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Itulah ulasan singkat mengenai ukuran kertas A5 dalam satuan milimeter, sentimeter, inci, dan pixel. A5 memang banyak orang yang menggunakan untuk berbagai hal lantaran ukurannya yang relatif pas untuk mencetak beberapa barang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru