Ukuran Kertas A1 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel (Lengkap)

Ternyata ukuran kertas beragam loh. Yuk, kenali lebih detail variasi ukuran kertas A1 dalam berbagai satuan seperti dalam cm, mm, inci dan piksel serta fungsinya. Berikut ulasan lengkapnya.

Jika kamu tertarik untuk terjun ke bisnis percetakan atau penerbitan, ada baiknya mengenal berbagai ukuran kertas, termasuk kertas A1 ini. Kertas ini memiliki ragam ukuran yang dikonversi dalam berbagai satuan. Ukuran kertas A1 dalam berbagai satuan, seperti dalam satuan inci, sentimeter (cm), milimeter (mm), hingga piksel.

Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan lebih detail tentang apa itu kertas A1, berbagai ukurannya dalam berbagai satuan, serta fungsi-fungsinya. Yuk, simak informasinya.

Ukuran Kertas A1 dalam cm, mm, inci dan piksel

Apa itu Kertas A1?

Dalam dunia percetakan atau penerbitan kertas seri A,  A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10 termasuk lumrah digunakan. Hal ini dikarenakan ukuran kertas jenis ini berlaku secara internasional dan telah ditetapkan oleh ISO (The International Organization for Standardization).

Salah satu kertas seri A yang akan dibahas di artikel ini adalah ukuran A1. Jenis ukuran kertas ini sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sebut saja amplop, alat tulis, kertas tulis, kartu, dan dokumen cetak. Jika dibandingkan dengan ukuran kertas A0 dan A2, ukuran kertas ini hanya setengah dari A0 dan dua kali lipat ukuran kertas A2.

Kertas berukuran A1 dapat dihitung dalam satuan cm, mm, piksel, dan inci. Caranya dengan mengonversikan nilai ukuran mm (milimeter) ke cm (centimeter), kemudian dibagi 10. Cara lainnya adalah dengan mengonversikan kertas ke dalam ukuran inci dan piksel.

Baca juga: Ukuran Kertas A5 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel

Ukuran Kertas A1 dalam Berbagai Satuan

Kertas ukuran A1 memiliki jenis ukuran dalam berbagai satuan, seperti mm, cm, inci dan piksel. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Ukuran A1 dalam inchi (in)

Yang pertama adalah kertas A1 dalam bentuk satuan inci. Ukuran kertas ini dalam inci yaitu 23,39 x 33,11 inci. Hal ini bisa diartikan bahwa panjang kertas 33,11 inci, sedangkan lebar kertas 23,39 inci.

2. Ukuran A1 dalam milimeter (mm)

Ukuran A1 dalam berbagai satuan lainnya adalah dalam bentuk satuan mm (milimeter). Jika dibandingkan dengan satuan inci dan cm, satuan mm lebih kecil. Ukuran kertas A1 dalam mm adalah 594 x 841 mm. Ini berarti kertas tersebut memiliki panjang 841 mm dan lebar 594 mm.

3. Ukuran A1 dalam centimeter (cm)

Selanjutnya, ukuran A1 yang ditetapkan ISO adalah dalam bentuk cm (sentimeter). Satuan cm cenderung lebih mudah digunakan karena proses penghitungan dapat dilakukan secara manual. Ukuran kertas A1 dalam cm adalah 59,4 x 84,1 cm. Dengan detail panjang 84,1 cm dan lebar 59,4 cm.

4. Ukuran A1 dalam pixel (px)

Ukuran lain untuk jenis A1 adalah dalam bentuk piksel. Para desainer grafis sering menghitung ukuran kertas dalam satuan ini. Berikut ini merupakan penjelasan ukuran A1 berdasarkan PPI (pixels per inch).

  • Ukuran A1-72 PPI memiliki panjang 2384 piksel dan lebar 1684 piksel.
  • Ukuran A1-200 PPI memiliki panjang 4678 piksel dan lebar 6622 piksel.
  • Untuk ukuran A1-300 PPI memiliki panjang 7017 piksel dan lebar 9933 piksel.
  • Kertas A1-400 PPI memiliki panjang 9356 piksel dan lebar 13244 piksel.
  • Kertas A1-600 PPI memiliki panjang 14034 piksel dan lebar 19866 piksel.
  • Dan Ukuran A1-1200 PPI memiliki panjang 28068 piksel dan lebar 39732 piksel.

Baca juga: Ukuran Kertas F4 dalam cm, mm, inci dan piksel

Fungsi dan Kegunaan Kertas A1

Selain memahami ukuran A1 dalam cm, mm, inci dan piksel, fungsi dan kegunaannya juga perlu diketahui. Apalagi kertas ini sering digunakan dalam berbagai kebutuhan profesional. Berikut ini merupakan penjelasan tentang berbagai fungsi kertas A1 dalam praktiknya.

1. Media gambar

Salah satu kegunaan atau fungsi kertas A1 adalah sebagai media untuk menggambar. Kertas berukuran A1 bisa dikategorikan kertas berukuran cukup besar, hampir mencapai 1 meter persegi.

Banyak pengguna menggunakan kertas ini sebagai media gambar yang sering ditempel untuk hiasan di dinding. Ukuran kertas yang besar memudahkan penggunanya menggambar berbagai objek lebih detail. Tak salah kertas A1 menjadi salah satu pilihan bagi penggunanya yang memiliki hobi menggambar.

2. Media periklanan

Tempat agensi periklanan sering menggunakan kertas berukuran A1 ini sebagai media periklanan. Dikarenakan ukurannya yang besar, pekerja di dunia periklanan sering menggunakannya untuk berbagai kebutuhan periklanan. Kertas ini sering digunakan sebagai media untuk membuat poster iklan di dalam maupun luar ruangan atau poster film di bioskop.

3. Media cetak

Kertas berukuran A1 sering juga digunakan sebagai media cetak. Apalagi dalam dunia percetakan kertas ini dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Kertas A1 ini akan dipotong menjadi lebih kecil karena tidak akan langsung digunakan.

Baca juga: Ukuran Kertas A4 dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel

Itulah beberapa penjelasan tentang ukuran kertas A1 dalam cm, mm, inci dan piksel serta berbagai fungsinya. Walaupun ukuran A1 dikonversi dalam berbagai satuan, besarnya tetap sama. Kertas ini juga sering dipotong sesuai dengan kebutuhan percetakan.

Semoga informasi tentang serba-serbi kertas A1 bermanfaat untukmu yang ingin menambah pengetahuan tentang dunia percetakan atau penerbitan.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.