Ukuran Kartu Nama Standar yang Sering Digunakan

Ukuran Kartu Nama – Apakah kamu ingin membuat name card sendiri, tetapi masih bingung berapa standar ukuran kartu nama yang sering digunakan? Jangan diambil pusing, pembahasan ini punya jawabannya untukmu. Standar ukuran name card sebenarnya berbeda-beda tiap negara, dan Indonesia pun punya standar ukurannya sendiri.

Pembahasan kali ini juga akan membahas mengenai perbandingan ukuran name card yang dipakai di negara-negara lain sebagai referensi. Tak lupa, kamu juga bisa mengetahui beberapa tips dalam pembuatan kartu nama agar kartu namamu terkesan lebih profesional. Yuk, simak penjelasannya!

Kegunaan Kartu Nama

Kartu nama merujuk pada kartu yang berisikan identitas profesional seseorang. Identitas ini biasanya meliputi nama, jabatan, institusi tempat bekerja, serta nomor kontak yang bisa dihubungi.

Lalu, apa kegunaan kartu nama? Dengan informasi-informasi yang disampaikan, fungsi kartu nama ini bisa dikatakan mirip dengan fungsi fitur “Kontak” pada ponselmu. Sebab, di kartu tersebut sudah tertulis informasi mengenai siapa pemilik kartu nama tersebut dan di mana orang tersebut bekerja. Tak lupa, informasi mengenai nomor telepon dan alamat email pun sering tertera juga di kartu ini.

Kenali Standar Ukuran Kartu Nama yang Sering Digunakan

Ukuran Kartu Nama Standar yang Sering Digunakan

Nah, jika kamu ingin membuat name card sendiri, kamu wajib mengetahui standar ukuran name card yang sering digunakan di Indonesia. Berikut penjelasannya.

Ukuran Kartu Nama Standar Nasional Indonesia

Standar Nasional Indonesia (SNI) rupanya punya ukuran sendiri terkait name card ini. Untuk mengetahui berapa ukuran standar name card Indonesia, kamu bisa lihat pada rincian berikut.

  • Dalam satuan inci standar kartu nama di Indonesia ukurannya adalah 2,16 x 3,54 in. Dengan lebar 2,16 inci dan panjang 3,54 inci.
  • Kemudian ukuran kartu nama di Indonesia dalam cm adalah 5,5 x 9,0 cm. Untuk lebarnya 5,5 cm dan panjangnya 9,0 cm.
  • Lalu standar ukuran kartu nama dalam mm di Indonesia adalah 55 x 90 mm. Secara detail lebarnya 55 mm dan panjangnya 90 mm.
  • Sedangkan dalam pixel 100 ppi  ukurannya adalah 216 x 354 px, lebar 216 px dan panjang 354 px.
  • Dan dalam pixel 300 ppi ukurannya adalah 648 x 1062 px, lebarnya 648 px dan panjangnya 1062 px.

Sebagai penjelasan tambahan, ukuran dalam satuan pixel dihitung dengan anggapan kualitas desain memiliki detail 100 atau 300 ppi. PPI (Pixels Per Inch), merupakan satuan yang digunakan untuk menggambarkan jumlah pixel dalam satu inchi.

Semakin tinggi PPI suatu desain, maka semakin detail dan tajam gambar yang dihasilkan. Begitu pula sebaliknya jika nilai PPI rendah, maka kualitas desain juga ‘ikutan’ rendah pula.

Lantas, bagaimana ukuran name card di negara-negara lain? Yuk, kita bahas satu per satu!

Baca juga: Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 5R sampai 30R, Pas Foto & Media Sosial

Ukuran Kartu Nama Standar Internasional (ISO)

Mengetahui standar ukuran name card yang dimiliki ISO mungkin membuat kamu berpikir, ‘name card orang Indonesia besar juga, ya!’. Sebab, jika dibandingkan dengan ukuran name card yang sering digunakan di Indonesia, ukuran ISO memiliki panjang dan lebar yang lebih kecil. Detail ukuran dalam berbagai satuan bisa kamu lihat di rincian berikut.

  • Dalam inci kartu nama standar ISO ukurannya adalah 2,04 x 2,91 In. Jadi dalam inci lebarnya 2,04 inci dan panjangnya 2,91 Inci.
  • Lalu dalam sentimeter kartu nama standar ISO ukurannya adalah 5,2 x 7,4 cm. Dengan detail lebar 5,2 cm dan panjang 7,4 cm.
  • Kemudian dalam milimeter ukurannya adalah 52 x 74 mm. Untuk lebarnya 52 mm sedangkan panjangnya 74 mm.
  • Sedangkan dalam satuan pixel 100 ppi memiliki ukurannya yaitu 520 x 740 px, dengan lebar 520 px dan panjang 740 px.
  • Dan dalam pixel 300 ppi ukurannya yaitu 1560 x 2220 px. Lebarnya 1560 px dan panjangnya 2220 px.

Ukuran Kartu Nama Standar Asia

Meski Indonesia merupakan salah satu negara di Asia, rupanya tidak semua ukuran name card dibuat sama. Jika kamu ingin membuat kartu nama dengan menggunakan standar Asia sebagaimana yang dilakukan oleh negeri tetangga seperti Singapura dan Malaysia serta Hong Kong, kamu bisa melihat detail ukurannya pada rincian berikut.

  • Ukuran dalam inci 2,13 x 3,54 in, lebar 2,13 in dan panjangnya 3,54 in.
  • Ukuran dalam cm 5,4 x 9,0 cm, lebarnya 5,4 cm sedangkan panjang 9,0 cm.
  • Ukurannya dalam mm 54 x 90 mm, dengan lebar 54 mm dan panjang 90 mm.
  • Sedangkan dalam pixel 100 ppi 213 x 354 px, lebar 213 px dan panjang 354 px
  • Dan dalam pixel 300 ppi memiliki ukuran 638 x 1062 px, dengan lebar 638 px dan panjangnya 1062 px.

Baca juga: Ukuran Pas Foto 2×3, 3×4, 4×6 Untuk Berbagai Keperluan

Ukuran Kartu Nama Di Eropa

Lain Indonesia, lain juga Eropa. Ukuran name card di Eropa disamakan dengan ukuran kartu kredit. Ukuran ini digunakan oleh banyak negara Eropa, seperti Belanda, Spanyol, Portugal, Turki, Inggris, dan Belgia. Berikut adalah rinciannya.

  • Standar ukurannya dalam inci yaitu 2,16 x 3,34 In, lebar 2,16 in dan panjangnya 3,34 in.
  • Ukurannya dalam cm yaitu 5,5 x 8,5 cm, dengan lebar 5,5 cm dan panjang 8,5 cm
  • Lalu mm ukurannya yaitu 55 x 85 mm, untuk lebar 55 mm dan panjang 85 mm.
  • Sedangkan dalam pixel 100 ppi yaitu 216 x 334 px, dengan lebarnya 216 px dan panjangnya 334 px.
  • Dan dalam pixel 300 ppi yaitu 648 x 1002 px, lebarnya 648 px dan panjangnya 1002 px.

Ukuran Kartu Nama Di Amerika

Ukuran name card yang sering digunakan di Amerika untuk name card beberapa milimeter lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran name card di Indonesia. Detail ukuran standar Amerika bisa kamu lihat pada rincian berikut.

  • Kartu nama standar amerika dalam inci ukurannya adalah 2,0 x 3,5 inci, dengan lebar 2,0 inci dan panjang 3,5 ini.
  • Lalu dalam cm ukurannya adalah 5,1 x 8,9 cm, lebarnya 5,1 cm dan panjangnya 8,9 cm
  • Kemudian dalam mm ukurannya adalah 51 x 89 mm, untuk lebarnya 51 mm sedangkan panjangnya 89 mm.

Ukuran name card standar Amerika ini tidak hanya digunakan di Amerika Serikat saja, lho. Ternyata beberapa negara lain seperti Rusia, Korea Selatan, Meksiko, Finlandia, dan Ceko juga menggunakan standar ukuran ini untuk membuat name card.

Tips agar Kartu Nama Terlihat Profesional

Meski tidak sepopuler dulu, kartu nama masih menjadi alat untuk saling mengenal rekan kerja. Karena penggunaannya yang terbatas pada lingkup profesional, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini supaya kartu namamu tidak terkesan ‘remeh’.

1. Gunakan ornamen dan unsur dekorasi seminimal mungkin.

2. Gunakan pilihan warna yang elegan atau minimalis. Hal ini tidak berarti kamu harus menggunakan warna hitam, merah, abu-abu, atau putih saja. Warna-warna lain juga diperbolehkan, tetapi akan lebih baik jika kombinasinya pas.

3. Layout kartu nama harus dilakukan dengan baik.

Baca juga: Ketahui Ukuran ID Card Standar, Jenis dan Fungsinya

Nah, itulah beberapa tips agar name card mu terlihat profesional serta ukuran kartu nama yang sering digunakan. Tentunya, dalam membuat name card, akan lebih baik jika kamu menggunakan standar ukuran name card yang sering digunakan agar hasilnya pas. Semoga penjelasan ini bermanfaat untukmu, ya!

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.