Standar Ukuran Foto Polaroid

Standar Ukuran Foto Polaroid – Dengan kesan retronya, kamera polaroid menyihir penghobi fotografi dengan hasil cetak foto yang langsung jadi. Bahkan, dewasa ini makin banyak penghobi fotografi yang menjadikan hasil jepretannya ke dalam bentuk foto polaroid meski tak berasal langsung dari kamera polaroid. Untuk itu, mengetahui standar ukuran foto polaroid menjadi hal yang penting.

Menurut beberapa sumber, ternyata tiap merek kamera polaroid memiliki kertas fotonya sendiri-sendiri. Uniknya, masing-masing ukuran ini memiliki perbedaan ukuran yang bisa dikatakan lumayan jauh. Daripada bingung, yuk simak penjelasannya!

Apa Itu Foto Polaroid?

Apa itu foto polaroid

Anda tentu pernah melihat bentuk kamera yang bisa langsung mengeluarkan foto yang baru saja dijepret. Nah, itulah yang dimaksud sebagai kamera polaroid. Dengan demikian, foto polaroid diartikan sebagai foto yang dijepret menggunakan kamera polaroid.

Saat ini, ada beberapa perusahaan yang memproduksi kamera polaroid. Di Indonesia, Fujifilm merupakan salah satu brand yang memiliki basis konsumen cukup kuat. Padahal, brand kamera polaroid tidak hanya itu saja.

Karena biasanya masing-masing kamera memiliki kertas fotonya sendiri, standar ukuran foto polaroid juga berbeda-beda pula tiap brand. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui seberapa besar ukuran kertas foto polaroid untuk masing-masing jenis kamera.

Aspek-aspek dalam Kertas Foto Polaroid

Kertas foto polaroid

Anda mungkin sudah cukup sering melihat beberapa hasil foto yang dijepret menggunakan kamera polaroid. Nah, dibandingkan dengan hasil cetak foto biasa, hasil foto polaroid ini memiliki perbedaan yang cukup kontras, yaitu frame (bingkai) yang cukup besar.

Biasanya, frame ini dijadikan sebagai ‘wadah’ untuk menuliskan hal-hal istimewa yang terjadi ketika foto tersebut diambil. Meski frame putih polos lebih populer untuk foto polaroid, saat ini makin banyak produk kertas foto polaroid yang hadir dalam berbagai warna.

Selain frame, ada juga image alias hasil jepretan itu sendiri. Biasanya, ukuran foto ini mencakup sekitar 70% dari luas permukaan kertas foto.

Standar Ukuran Foto Polaroid dalam Berbagai Ukuran

Seberapa besar ukuran foto polaroid jika dinyatakan dalam berbagai satuan ukur? Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya ukuran masing-masing kertas foto polaroid tergantung pada standar yang dimiliki perusahaan kamera tersebut.

Ambil contoh kamera polaroid Fujifilm Instax dengan Polaroid SX-70. Dua kamera ini sama-sama bisa digunakan untuk menghasilkan foto polaroid, namun ukuran kertas yang digunakan berbeda cukup jauh.

Lain Polaroid SX-70, lain juga Polaroid Go. Kamera polaroid yang satu ini disebut-sebut sebagai kamera polaroid terkecil yang diproduksi oleh Polaroid Corporation. Jika ukuran polaroid untuk kamera polaroid kecil ini dibandingkan dengan standar ukuran foto polaroid yang dimiliki Fujifilm Instax, maka ukurannya tidak terlalu berbeda signifikan.

Ukuran Foto Polaroid Kamera Fujifilm Instax

Kamera yang cukup populer di Indonesia ini hadir dalam warna casing yang cantik. Tak hanya bodinya yang imut dan menawan, hasil foto yang dihasilkan pun tidak kalah dari kamera dari perusahaan lain yang juga memproduksi kamera polaroid.

Nah, jika kamu penasaran seberapa ukuran foto polaroid untuk kamera Fujifilm Instax, berikut informasinya.

SatuanUkuran KertasUkuran Gambar
Inchi2,12 x 3,381,81 x 2,44
Centimeter5,4 x 8,64,6 x 6,2
Milimeter54 x 8646 x 62

Baca juga: Kenali Macam Macam Ukuran Banner Offline dan Online

Ukuran Foto Polaroid Kamera Polaroid Go

Seberapa kecil ukuran kertas foto polaroid yang digunakan oleh kamera Polaroid Go? Daripada bingung, Anda bisa melihat ukurannya di tabel berikut.

SatuanUkuran KertasUkuran Gambar
Inchi2,62 x 2,121,85 x 1,81
Centimeter6,66 x 5,394,7 x 4,6
Milimeter66,6 s 53,947 x 46

Ukuran Foto Polaroid Kamera Polaroid SX-70

Dibandingkan dengan dua kamera Polaroid di atas, standar ukuran foto polaroid kamera ini bisa dikatakan jauh lebih besar baik untuk paper size maupun image sizenya. Besar dimensi kertas polaroid yang digunakan kamera ini adalah sebagai berikut:

SatuanUkuran KertasUkuran Gambar
Inch4,23 x 3,483,10 x 3,02
Centimeter10,75 x 8,877,89 x 7,68
Milimeter107,5 x 88,778,9 x 76,8

Lantas, ukuran foto yang mana yang Anda pilih? Hal ini bisa Anda tentukan sendiri, namun jika Anda mengacu pada ukuran kertas foto polaroid yang sering digunakan di Indonesia, Anda bisa menggunakan ukuran yang digunakan pada kertas foto Fujifilm Instax.

Anda juga bisa mengirimkan foto Anda untuk dicetak oleh jasa cetak foto profesional yang sudah banyak tersedia secara online. Jasa cetak foto ini pun terkadang menerapkan ukuran foto yang berbeda dari yang sudah disebutkan di atas.

Sebagai contoh, ada jasa cetak foto yang menggunakan ukuran kertas 5,4 x 8,5 cm. Ada juga yang menggunakan ukuran kertas 2R (6 x 9 cm) hingga 4R (10 x 15 cm). Tentu saja poin penting dari kertas polaroid yang digunakan ini adalah adanya frame putih yang tebal yang menjadi ciri khas foto polaroid ditambah dengan ukurannya yang kecil.

Baca juga: Ketahui Ukuran Foto 10R Dalam Berbagai Satuan

Nah, itulah informasi mengenai standar ukuran foto polaroid. Jika Anda ingin mengubah foto non-polaroid Anda menjadi sebuah foto dengan frame polaroid, Anda bisa menambahkan frame melalui aplikasi image editor seperti Photoshop. Semoga bermanfaat, ya!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru