Ukuran Foto 3R dalam Cm, Mm, Inci dan Pixel Lengkap

Ingin mencetak foto ukuran 3R? sebelum itu, ketahui dulu detail ukuran foto 3R dalam cm, mm, inci dan pixel serta cara mencetaknya di Word, Photoshop dan Coreldraw. Berikut ulasan lengkapnya.

Walaupun saat ini ada banyak media untuk menyimpan file seperti foto dalam jumlah besar, mencetak foto tetap menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Mengapa orang masih memilih untuk mencetak foto bahkan di era digital seperti saat ini? Hal tersebut karena ada kalanya teknologi yang kamu andalkan rusak atau bermasalah.

Misalnya, komputer atau laptop terkena virus, gadget atau kamera hilang, atau memory card rusak. Nah jika kamu berencana menyusun album kenangan atau menata pigura di atas meja untuk momen-momen berhargamu, foto ukuran 3R menjadi ukuran standar karena ukurannya tidak seberapa besar atau kecil.

Ketahui Ukuran Foto 3R dalam Berbagai Satuan

Ukuran foto 3r dalam cm mm dan inci

Di kesempatan kali ini, kami akan membahas foto ukuran 3R dalam berbagai satuan. Berikut ulasannya:

1. Ukuran foto 3R dalam mm (milimeter)

Ukuran yang pertama adalah milimeter. Apabila dikonversi ke milimeter, foto ukuran 3R adalah 89 x 127 mm. Artinya, hasil cetak akan memiliki panjang 127 mm dan lebar 89 mm.

2. Ukuran foto 3R dalam cm (sentimeter)

Selanjutnya adalah ukuran dalam sentimeter, ini merupakan satuan yang cukup umum digunakan. Ukuran foto 3R dalam cm adalah 8,9 x 12,7 cm yang berarti fotonya nanti akan memiliki panjang 12,7 cm dan lebar 8,9 cm.

3. Ukuran foto 3R dalam In (inci)

Satuan berikutnya adalah inchi. Dalam inci, 3R sama dengan 3,5 x 5 inci yaitu, panjang foto adalah 5 inci dan lebar foto adalah 3,5 inci.

Penggunaan Ukuran Foto 3R

Setelah mengetahui foto ukuran 3R dalam berbagai satuan mulai dari milimeter, centimeter, hingga inci, sekarang kita akan membahas penggunaan foto dengan ukuran ini. Foto 3R memiliki ukuran yang standar, tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar.

Karena itu, ukuran ini cocok untuk koleksi foto-foto non formal seperti pernikahan, wisuda, liburan keluarga, atau momen lain bersama keluarga dan teman. Ukuran 3R tidak cocok untuk foto pajangan di dinding karena ukurannya terlalu kecil. Namun, ukuran ini sangat ideal apabila kamu ingin memajang beberapa pigura foto di atas meja atau drawer.

Baca juga: Ketahui Ukuran Foto 5R dalam Berbagai Satuan Lengkap

Mencetak Foto 3R di Photoshop, Corel draw dan Word

Tidak perlu repot ke studio foto untuk mencetak foto 3R karena kamu bisa melakukannya sendiri dengan printer dan kertas foto. Tiga software yang paling sering dipakai untuk mencetak foto adalah Photoshop, Coreldraw, dan Microsoft Word. Berikut langkah-langkahnya:

a. Photoshop

Photoshop adalah software paling umum untuk mencetak foto. Langkah-langkahnya cukup sederhana bahkan jika kamu belum pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya.

  • Pertama, buka aplikasi Photoshop di PC atau laptop, kemudian buat lembar baru.
  • Selanjutnya, isikan ukuran 3R dalam milimeter yaitu 89 mm x 127 mm pada kolom Width (lebar) dan Height (panjang) dengan.
  • Kemudian, masukkan angka 300 pada kolom resolusi dan pilih RGB untuk color mode-nya. Lalu, klik OK.
  • Masukkan foto yang hendak dicetak dan sesuaikan dengan lembar baru tadi. Setelah sudah sesuai, klik File lalu Print untuk mencetak.

b. Coreldraw

Selain Photoshop, Coreldraw juga merupakan software yang paling banyak dipakai untuk mencetak foto. Caranya juga sangat sederhana.

  • Pertama, buka Coreldraw dan pilih New.
  • Selanjutnya, tekan tombol F6 pada keyboard kamu untuk mengaktifkan menu Rectangle Tool.
  • Klik kursor pada area kosong dan buat kotak sembarang.
  • Untuk menyesuaikan ukuran kotak yang barusan kamu buat menjadi ukuran 3R, edit ukuran menjadi 3,5 x 5 inchi.
  • Masukkan foto yang akan dicetak dengan menekan tombol Ctrl + I.
  • Setelah foto muncul, sesuaikan ukuran foto sesuai dengan kotak tadi. Jika sudah, klik menu Print untuk mencetak.

c. Microsoft Word

Ternyata, kamu tidak hanya bisa menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen saja tapi juga untuk mencetak foto. Caranya tentu berbeda dengan langkah-langkah di atas.

  • Pertama, buka Microsoft Word dan buat lembar baru pada menu New.
  • Kedua, buka tab Page Layout dan pilih Margins. Isi dengan angka 0 pada semua kolom yang muncul pada Custom Margin. Setelahnya, klik tab Paper dan isi dengan ukuran 8,9 cm x 12,7 cm dan klik OK.
  • Lalu kamu pilih menu Insert kemudian klik Picture dan pilih foto yang akan kamu cetak.
  • Apabila foto sudah muncul, kamu tinggal menyesuaikan ukuran foto dengan ukuran kertas tadi.
  • Jika sudah sesuai, klik Print.

Baca juga: Ketahui ukuran foto 2r dalam cm, mm dan inci

Nah sudah tahu kan ukuran foto 3R dalam berbagai satuan mulai dari milimeter, centimeter, hingga inci? kamu juga tahu cara mudah mencetak sendiri foto 3R menggunakan tiga aplikasi yaitu Photoshop, Coreldraw, dan Microsoft Word.

Buruan cetak foto-foto seru kamu. Mencetak foto sama sekali tidak ketinggalan jaman. Bahkan, hal ini adalah cara untuk mengamankan kenangan berharga.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.