Manfaat Media Massa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Media Massa – Media massa sebagai sarana kehidupan modern menjadi salah satu kebutuhan yang memang harus dipenuhi, terlebih bagi orang yang mempunyai aktivitas yang tinggi dan berhubungan dengan banyak orang. Sekarang ini media massa menjadi salah satu arus utama sumber informasi kita sehari-hari dan memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat.

Kemajuan sosial ekonomi seseorang salah satunya juga ditentukan oleh faktor kecepatan mengakses berita dan informasi. Selain itu media massa juga dapat memiliki peran dalam pembentukan moral pada anak-anak atau pun remaja. Oleh sebab itu, mempelajari media massa dapat memberikan dampak positif yang besar bagi perkembangan wawasan serta kecerdasan kita sekaligus menyikapi berita-berita atau jenis-jenis media massa yang muncul.

manfaat media massa

Menurut Charles W. Wright, hubungan khalayak dengan media massa dilihat dari fungsi media massa itu sendiri terdiri dari kegiatan:

  1. Melakukan pengamatan terhadap perkembangan lingkungan.
  2. Menjadi ajang pengembangan kesepakatan.
  3. Melakukan sosialisasi nilai-nilai yang berlaku.
  4. Memberi hiburan bagi pembaca.

Manfaat Media Massa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Fungsi dan manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari.

1. Sarana Penyebar Informasi

Media massa menempati posisi strategis sebagai sarana penyebaran informasi kepada khalayak ramai. Media massa mempunyai manfaat:

  • Untuk mengumumkan, mengimbau, serta mengajak masyarakat mensosialisasikan program pemerintah.
  • Untuk mendapatkan informasi dan mengantisipasi perkembangan dalam ekonomi, sosial, keamanan dan lain sebagainya.

2. Sarana Kontrol Sosial

Pers bermanfaat untuk melakukan kontrol yang dilakukan oleh masyarakat mengenai tingkah laku suatu institusi/pejabat, karena kritikan yang dilakukan melalui media akan mendapatkan respons lebih. Fungsi kontrol sosial terkandung dalam makna demokrasi yang di dalamnya terdapat unsur-unsur sebagai sebagai berikut.

  • Social participation (keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan)
  • Social responsibility (pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat)
  • Sosial support (dukungan rakyat terhadap pemerintah).
  • Sosial control (kontrol masyarakat terhadap tindakan-tindakan pemerintah)

Fungsi kontrol sosial pers dapat dikatakan sebagai sikap pers dalam melaksanakan fungsinya yang ditujukan terhadap perorangan atau kelompok dengan tujuan memperbaiki keadaan. Tulisan yang dimuat dapat secara langsung  atau tidak langsung mengkritik aparatur pemerintah atau lembaga-lembaga masyarakat yang terkait sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

3. Sarana Pendidikan Luar Sekolah

Fungsi dan manfaat media massa sebagai sarana pendidikan informasi di luar sekolah antara lain:

  • Penyebaran gagasan positif untuk mendidik masyarakat.
  • pembinaan bahasa paling efektif
  • Mengembangkan budaya dan minat baca.

4. Sarana Iklan

Media massa sebagai sarana iklan mempunyai manfaat:

  • Memajukan dunia usaha.
  • Sumber pemasukan bagi pelestarian
    media massa.

5. Sarana Hiburan

Media pers juga menyajikan berita hiburan, cerita lucu dan acara-acara yang dapat menghibur sehingga orang yang menikmati dapat terhibur. Selain membawa dampak positif media massa juga membawa dampak negatif,.Dampak negatif media massa antara lain:

  • Membawa pengaruh budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, misalnya tema yang bersifat negatif dan sebagainya.
  • Berbagai siaran atau tayangan iklan yang berlebihan sehingga menipu atau menyesatkan pembaca atau  pemirsa.
  • Berbagai informasi yang kurang lengkap menyebabkan kesalahpahaman informasi dan sebagainya.

Lucian Pye, seorang sains politik menyatakan bahwa jurnalis di negara-negara berkembang memainkan peran amat penting dalam menggerakkan sumber daya manusia dan memancing anggota masyarakat untuk berpikir dengan cara-cara yang mengarah kepada perubahan. Pemerintah dengan berbagai alasan tidak akan menjadi pendorong dominan terhadap perubahan di negara berkembang mana pun. Peran itu disebut sebagai Inspektur Jenderal, yang meliputi:

  • Media membantu mengarahkan kembali pengumpulan keterampilan kritis yang secara historis belum pernah dianjurkan kepada masyarakat tradisional.
  • Media menyediakan lahan untuk suatu pandangan kontroversi. Budaya tradisional telah lama menyediakan diri sebagai tempat pelarian dari pergolakan dunia karena ia tidak menganjurkan kontroversi. Kontroversi, adalah titik awal kemajuan dan perubahan.
  • Media menghargai inovasi. Dalam budaya tradisional orang melakukan hal yang berbeda dari perilaku dan kebiasaan orang-orang yang ada di sekitarnya (perilaku umum). Seringkali dihukum dengan desakan sosial sampai yang bersangkutan mengalah. Perkembangan hanya akan muncul dari orang yang berani berinovasi.
  • Memegang lidah para pemimpin. Dalam usaha menarik pemilih dalam pemilu, para elit politik suka mengumbar  janji sehingga jika media tidak merekamnya dan menengok kembali di kemudian hari akan menyulitkan kontrol atas kinerja mereka.
  • Menampilkan data yang menyangkut sebab-akibat dari suatu kebijakan politik-ekonomi, pemahaman detail atas proses kerja pemerintah, sehingga masyarakat merasa menjadi bagian dari proses itu.
  • Merangsang munculnya media-media baru yang berbasis komunikasi.
Baca juga: Pengertian Berita: Arti, Ciri-Ciri, Nilai dan Syarat-Syaratnya

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tags:

Leave a Reply