Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran – Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang mau atau ingin di jual pada berbagai tingkat harga pada waktu tertentu. Jika kita melihat permintaan dari sisi pembeli atau konsumen, dari sisi penjual atau produsen maka kita akan melihat konsep penawaran. Konsep penawaran akan berkaitan dengan tingkat keuntungan yang diinginkan produsen atas penawaran barang dan jasa.

Hukum penawaran menjelaskan sifat hubungan antara tingkat harga dan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen. Hukum penawaran menyatakan bahwa Semakin tinggi tingkat harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan produsen (penjual). Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen (penjual). Hukum penawaran berlaku dengan syarat yaitu: faktor-faktor lain yang mempengaruhi diluar negeri dianggap tetap (ceteris paribus).

faktor yang mempengaruhi penawaran barang

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang

Respons permintaan dari konsumen untuk membeli barang dan jasa di respons oleh produsen dengan memproduksi, menawarkan atau menjual barang dan jasa. Nah berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran barang.

1. Harga Barang

Harga sebuah barang adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi penawaran. Apabila harga beras sedang tinggi, maka menjual beras merupakan kegiatan yang menguntungkan. Petani akan tertarik untuk memproduksi beras, sehingga penawarannya pun akan meningkat. Sebaliknya saat harga beras turun, menjual beras menjadi kurang menguntungkan sehingga petani beralih menanam tanaman lain yang harganya lebih baik.

2. Teknologi Atau Teknik Produksi yang Digunakan

Semakin maju dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan kemudahan dalam memproduksi. Keadaan ini membuat hasil produksi dapat dilipat gandakan. Kondisi seperti ini akan berakibat pada besarnya jumlah barang dan jasa yang dapat diproduksi yang akhirnya akan memperbesar penawaran barang dan jasa.

3. Harga Faktor Produksi

Untuk melakukan produksi maka diperlukan faktor produksi. Pembiayaan untuk faktor-faktor produksi merupakan pengeluaran yang sangat penting dalam proses produksi sebuah perusahaan. Pembayaran tersebut akan menentukan besarnya biaya produksi. Tanpa ada kenaikan produktivitas dan efisiensi, kenaikan harga faktor-faktor akan menaikkan biaya produksi. Bagi perusahaan, kenaikan harga faktor produksi akan mengurangi keuntungan perusahaan. Apabila tingkat keuntungan tidak lagi menarik, maka perusahaan akan pindah ke usaha lain. Langkah ini dapat mengurangi penawaran dalam kegiatan ekonomi.

Baca juga: Pengertian Dan Peran Pelaku Ekonomi

4. Harga Barang-Barang Lain

Barang-barang lain terutama barang pengganti (substitusi) dapat saling bersaing dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Barang-barang lain seperti itu bisa menyebabkan pengaruh penting pada penawaran suatu barang. Misalnya penurunan harga padi akan meningkatkan penawaran jagung sebagai barang pengganti.

5. Perkiraan Harga Pada Masa Depan

Jumlah harga yang ditawarkan oleh produsen juga dipengaruhi oleh perkiraan harga pada masa yang akan datang. Misalnya jika produsen memperkirakan harga suatu barang akan naik bulan depan, produsen akan menyimpan barang di Gudang dan akan menjual bulan depan. Tindakan produsen seperti ini akan mengurangi penawaran di pasar.

6. Pajak dan Subsidi

Pajak dan subsidi akan mempengaruhi biaya produksi. Pengenaan pajak seperti ini menyebabkan kenaikan biaya produksi, dan juga sebaliknya pemberian subsidi akan menurunkan biaya produksi. Jika biaya produksi meningkat maka penawaran produsen akan berkurang dan apabila biaya produksi turun makan penawaran produsen akan turun.

7. Bencana Alam

Apabila di suatu daerah produksi terjadi bencana alam. Maka bisa dipastikan akan mempengaruhi jumlah produksi barang tersebut akan menurun dan pasti akan mempengaruhi tingkat penawaran.

Baca juga: Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Barang

Nah itulah faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa serta hukum penawaran. Semoga apa yang disampaikan diatas bisa membantu dan bisa bermanfaat.

Leave a Reply