Cara Mengatasi Laptop Jika Cepat Panas Paling Mudah

Cara Mengatasi Laptop Jika Cepat Panas – Di zaman serba modern saat ini penggunaan laptop sangat berguna bagi aktivitas kita sehari hari. Selain karena penggunaannya yang praktis dan mudah, manfaat yang diberikan hampir sama dengan PC Dekstop. Inilah mengapa laptop menjadi favorit di berbagai kalangan termasuk para gamer dan developer yang notabene membutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi.

Namun sebagian dari anda mungkin pernah mengalami laptop yang cepat panas. Apalagi para mahasiswa atau pekerja kantoran yang sering berinteraksi langsung dengan laptop. Dan itu tentunya sangat mengganggu kinerja dari laptop serta anda sebagai pemakai laptop itu sendiri.

Mengatasi Laptop Jika Cepat Panas

Jika anda membandingkan dengan PC, laptop memang cenderung lebih mudah panas, hal ini dikarenakan pada sebuah PC masih memiliki ruang yang cukup untuk sirkulasi udara. Sehingga penggunaan ruang sirkulasi udara pada PC cenderung lebih baik dibandingkan dengan laptop.

Sementara pada laptop yang cenderung memiliki design lebih tipis dibandingkan PC. Secara otomatis komponen yang ada didalamnya lebih padat sehingga penggunaan sirkulasi udaranya tidak begitu baik. Inilah konsekuensi dari penggunaan laptop yang memiliki design lebih tipis dibandingkan dengan PC. Oleh sebab itu wajar jika laptop yang anda miliki cepat panas, karena komponen lain seperti RAM bahkan Motherboard tidak memiliki sistem pendingin.

Baca juga: Cara Mengamankan Folder di Windows 10

Walaupun begitu bukan berarti anda cukup membiarkannya saja karena laptop yang cepat panas akan sangat mengganggu kinerja anda karena biasanya efek samping lainnya. Laptop akan menjadi lambat bahkan sering hang/not responding. Untuk itu agar kita bisa mengatasi masalah ini anda perlu melakukan beberapa hal dibawah ini :

Mengatur Jadwal Pemakaian Laptop

Agar tidak cepat panas anda perlu mengatur jadwal pemakaian laptop, seperti alat elektronik pada umumnya seperti handphone, TV, dll. Jika pemakaian secara terus menerus tentunya akan menyebabkan barang tersebut akan cepat panas, hal ini sama dengan pemakaian laptop.

Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengatur jadwal pemakaian laptop. Misalnya setiap 3 – 4 jam sekali jika dalam pemakaian yang lama bisa menggunakan mode sleep ( masuk ke mode tidur). Namun jangan terlalu lama dalam menggunakan mode sleep, karena bisa menyebabkan masalah lain. Jika memang ingin berhenti lebih baik langsung menggunakan shut down (dimatikan).

Gunakan Cooling Pad ekstenal

Cara Mengatasi Laptop Jika Cepat Panas

Cooling pad eksternal adalah ipas berbentuk kecil yang digunakan sebagai alas, sehingga dari bawah laptop akan memberikan sedikit udara yang mengarah langsung ke laptop. Penggunaan cooling pad ekstenal tentunya sangat efektif untuk mengurangi panas pada laptop. Karena dari bawah laptop tertiup angin yang bisa mengeluarkan hawa panas pada laptop.

Baca juga: Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis

Efisiensi Penggunaan Software

Efisiensi Penggunaan Software

Software juga memiliki dampak dalam memberikan panas kepada laptop, hal ini jika penggunaan software yang anda memiliki membutuhkan resource memory yang besar. Oleh karena itu anda perlu menghindari penggunaan banyak software dalam satu waktu.

Gunakanlah software yang diperlukan saja, seperti software pengolah kata. Kemudian saat menggunakan software ini tutup software lainnya yang terbuka seperti pemutar musik, web browser dan software lainnya yang sekiranya tidak anda butuhkan. Penggunaan software yang efisien akan mengefisienkan pula penggunaan memory, sehingga laptop tidak akan cepat panas.

Memperhatikan Alas Laptop

Memperhatikan Alas Laptop

Laptop bisa cepat panas karena digunakan diatas alas yang menyerap kalor. Seperti kasur, selimut, bantal dan benda lain yang umumnya memiliki tekstur empuk dan lunak. Untuk menghindari hal tersebut anda perlu memberikan alas yang lebih solid, keras dan datar seperti buku yang tebal, papan dada, tripleks dan benda lain yang serupa.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah laptop yang cepat panas. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan solusi bagi anda.

Leave a Reply