Cara Menampilkan Ruler di Word dan Kegunaannya Lengkap

Cara menampilkan ruler di word sangat mudah dilakukan. Ruler atau penggaris, biasanya terletak di bagian atas dan samping lembar kerja di Microsoft Word. Fungsinya cukup beragam seperti mengatur margin, gambar, hingga indentasi paragraf.

Namun, terkadang pada Word, Ruler tak langsung muncul secara otomatis di lembar kerja. Sehingga bila ingin menggunakannya kamu harus menampilkan terlebih dulu fitur yang satu ini.

Akan tetapi, kamu tak perlu gelisah mengenai Ruler yang tak muncul, karena di bawah ini sudah ada cara-cara untuk menampilkannya di lembar kerja.

Cara menampilkan ruler di Word dengan cepat

Menampilkan fitur penggaris di Word terbilang mudah juga sederhana. Namun, bila kamu masih bingung, bisa membaca langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pertama tentu saja kamu harus membuka atau membuat dokumen baru di Word.

2. Selanjutnya tekan tab View yang ada di atas lembar kerja.

3. Arahkan kursor yang ke pilihan Ruler , kemudian klik atau centang kotaknya.

Cara menampilkan ruler di Word dengan cepat

4. Sekarang kamu bisa melihat penggaris atau Ruler sudah tersemat di bagian atas lembar kerja.

Cara menampilkan ruler di word secara vertikal

Bila cara yang kamu pakai tidak bisa menampilkan Ruler atau penggaris vertikal di Word. Kamu tak perlu pusing atau bingung, bahkan takut bila Microsoft Word sedang error.

Sebab, kamu bisa menggunakan cara berikut ini untuk menampilkan Ruler vertikal di Word.

1. Setelah dokumenmu terbuka, silakan klik menu File yang ada di bagian atas lembar kerja.

2. Bila jendela menu sudah terbuka, kamu cari Option dan klik hingga muncul jendela baru.

3. Selanjutnya cari dan klik Advanced .

4. Apabila jendela baru muncul di layar, kamu scroll ke bawah dan cari bagian Display . Lalu centang kotak yang ada tulisan “ Show Vertical Ruler in Print Layout View “.

5. Lanjutkan klik OK . Sekarang kamu sudah bisa melihat Ruler yang ada di samping kiri lembar kerja.

Sebagian orang mungkin kamu juga termasuk yang menganggap bila penggaris vertikal itu tak terlalu penting. Padahal kamu bisa mengedit Header dan Footer serta mengatur margin dengan cepat dengan fitur ini.

Baca juga: Cara Mengatur Spasi di Word dengan Cepat dan Praktis

Cara mengubah satuan ukuran pada ruler

Di Microsoft Word kamu juga bisa mengubah ukuran satuan Ruler. Simak langkah per langkahnya di bawah ini!

1. Pilih menu File yang ada di bagian atas lembar kerja yang sudah kamu.

2. Apabila jendela File sudah muncul, klik Option yang ada di pojok kiri bawah.

3. Selanjutnya pilih Advanced .

4. Scroll ke bawah sampai kamu melihat bagian menu Display . Di sana cari dan centang kotak dengan tulisan “ Show Measurements in units of “.

Cara mengubah ukuran satuan ruler di word

5. Lalu silakan pilih satuan Ruler yang diinginkan, entah itu inci, sentimeter, atau milimeter. Pilih saja lalu lanjut klik OK .

6. Sekarang coba perhatikan bagian Ruler, kamu pasti akan melihat satuan ukuran yang sudah kamu pilih tadi di sana.

Cara menggunakan ruler untuk indentasi paragraf

Selain menggunakan menu Home , kamu juga bisa mengatur indentasi paragraf menggunakan Ruler. Mari simak caranya di bawah ini jika kamu belum tahu!

1. Pertama pilih paragraf yang ingin kamu buat menjorok ke kanan. Bisa juga dengan menempatkan kursor pada paragraf tersebut.

2. Selanjutnya pilih tab Left yang ada di pojok kiri Ruler . Sehingga bisa memilih tipe indentasi paragraf yang kamu inginkan. Misalnya perhentian tab kiri yang memiliki bentuk ‘ L ‘ seperti tetris yang menghadap ke kiri untuk mengatur indentasi kiri.

Cara menggunakan ruler untuk indentasi paragraf

3. Kamu juga bisa menyeret ikon Ruler kotak ke kiri untuk membuat paragraf menjorok ke kiri. Sementara untuk membuat paragraf menjorok ke kanan, kamu hanya perlu menggeser ke kanan segitiga yang ada di Ruler kanan.

4. Bila ingin membuat Indentasi pada garis pertama cukup geser segitiga di sebelah kiri yang menghadap ke bawah dan ada di atas Ruler ke kanan. Kamu juga bisa membuat paragraf menggantung dengan cara menggeser segitiga tersebut ke kiri.

Cara menggunakan ruler untuk mengatur margin halaman

Biasanya bagaimana caramu dalam mengatur halaman? Melalui Page Layout? Mau yang lebih simpel? Kamu bisa menggunakan Ruler untuk mengatur margin halaman.

Berikut ini caranya bila kamu belum tahu.

1. Kamu perlu mengaktifkan atau memunculkan Ruler terlebih dulu pada lembar kerja.

2. Setelah muncul, kamu tinggal mengarahkan kursor ke dalam area abu-abu Ruler. Area abu-abu ini adalah bagian margin yang ada di Ruler. Letaknya bila di Ruler atas ada di sisi kanan dan kirinya, sementara di bagian samping terletak di bawah dan atas.

Cara menggunakan ruler untuk mengatur margin halaman

3. Lalu klik area tersebut, bila sudah ada tanda putus-putus di bagian lembar kerja seret Ruler ke kanan atau ke kiri.

4. Begitu juga dengan Ruler vertikal. Kamu tinggal seret ke bagian bawah atau atas. Sesuaikan saja dengan selera atau kebutuhan.

5. Sayangnya bila menggunakan cara ini margin kadang tidak bisa sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Misalnya jika kamu disuruh untuk buat tugas makalah dengan pengaturan margin kiri 4 cm, tapi dokumenmu memiliki margin 4,3 cm.

6. Meski begitu kamu masih bisa menggunakan cara ini kok. Hanya saja perlu memperhatikan angka di Ruler dengan lebih teliti lagi.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman di Word

Itulah cara menampilkan Ruler di Word serta beberapa cara menggunakannya. Banyak fungsinya ‘kan walau terlihat tak penting?. Semoga apa yang sudah dijelaskan di atas bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

SHARE ON

Leave a Reply