Cara Membuat Bingkai di Word Untuk Mempercantik Dokumen

Cara membuat bingkai di word sangatlah mudah untuk dilakukan. Meski bukan tempat untuk mengelola gambar, dokumen di Word juga bisa dibuat menarik dengan berbagai cara. Salah satunya yakni dengan menggunakan fitur bingkai atau border.

Fitur ini bisa membuat tampilan lembar kerja yang biasanya hanya putih menjadi lebih berwarna. Sebab setelah menggunakan fitur ini, pada pinggir halaman di word atau teks tertentu di dokumen terdapat gambar atau garis yang mengelilingi. Sehingga bisa membuat dokumen yang penuh dengan kata-kata lebih hidup.

Jika kamu ingin contoh, fitur bingkai ini biasa digunakan pada ijazah atau akta kelahiran. Lebih jelasnya, kamu bisa memperhatikan gambar di sekeliling halaman ijazah. Ada gambarnya ‘kan?

Nah, itulah yang dimaksud dengan bingkai. Apa kamu penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak di beberapa cara menambahkan bingkai ke dalam dokumen agar membuat dokumenmu lebih cantik.

3 Cara Membuat Bingkai di Word dengan Mudah

Cara membuat bingkai pada paragraf di word

Ada dua jenis bingkai yang bisa kamu tambahkan ke dalam dokumen di Word. Pertama, ada bingkai yang dibuat untuk teks atau paragraf. Berikut cara yang bisa kamu ikuti.

1. Pilih paragraf yang ingin diberi bingkai dengan cara memberi sorotan atau blok

2. Lalu klik meni Home yang ada di atas lembar kerja

3. Pada toolbar Paragraph kamu pilih Borders, Letaknya ada di samping ikon gambar ember cat atau Shading

Cara Membuat Bingkai di Word Untuk Mempercantik Dokumen
Membuat bingkai pada paragraf di Word

4. Kemudian klik tombol segitiga yang menghadap ke bawah. Sehingga menu drop down terbuka dan kamu bisa melihat berbagai macam pilihan bingkai untuk teks.

5. Jika sudah ketemu, kemudian kamu pilih Outside Borders

Kamu pilih Outside Borders
Pilih Outside Borders

6. Selanjutnya arahkan kursor ke Borders and Shading yang ada di bagian paling bawah menu.

Selanjutnya arahkan kursor ke Borders and Shading
Klik Borders and Shading

7. Pada jendela Borders and Shading, kamu bisa memilih jenis gaya bingkainya. Beberapa pilihannya seperti shadow, box, tiga dimensi dan custom.

Cara membuat bingkai pada paragraf di word
Memilih jenis dan gaya border

8. Setelah memilih jenis bingkai, lanjut memilih gaya garis pada bagian Style yang ada sampingnya. Di sini kamu juga bisa mengubah warna dan lebar bingkai pada kolom drop down di bawah Style.

9. Bila sudah puas dengan gaya bingkai tinggal klik OK, maka bingkai akan mengelilingi paragraf yang kamu pilih.

Baca juga: 4 Cara Membuat Nomor Halaman di Word, Lengkap dan Mudah

Cara membuat bingkai pada halaman di Word

Jenis border kedua di Word yakni bingkai pada halaman. Cara membuat bingkai jenis ini mudah kok, yuk ikuti langkah per langkahnya di sini!

1. Buka dokumen yang ingin kamu tambahkan bingkai. Letakkan kursor di area lembar kerja.

2. Klik menu Design.

3. Lalu klik Page Borders yang memiliki ikon dokumen dengan kotak warna oranye.

Pilih Page Borders
Pilih Page Borders

4. Bila jendela Page Borders sudah muncul, kamu pilih lagi bagian Page Borders yang ada di samping kanan Borders. Kemudian kamu tinggal memilih gayanya dan mengatur lebar serta warna bingkai. Kamu juga bisa mengubah garisnya menjadi sebuah clip art dengan memilih gambarnya di menu drop down Art Border.

Mengatur Border
Mengatur Border

5. Lalu aktifkan kisi-kisi bingkai pada setelan dengan menekan tombol kotak yang mengelilingi bagian pratinjau. Sehingga di sana menampilkan bingkai yang telah kamu pilih.

6. Selanjutnya di bawah pratinjau, pada menu drop down ‘Apply to’ kamu bisa memilih penempatan bingkai ini untuk semua dokumen atau hanya halaman yang kamu pilih.

7. Setelah semua terlihat rapi, tinggal klik OK. Selesai.

membuat bingkai di Word Menggunakan gambar pribadi

Selain menggunakan menu Design dan Page Borders, membuat bingkai juga bisa menggunakan menu Insert. Apalagi bila melalui menu ini kamu bisa menggunakan foto atau gambar buatan sendiri untuk bingkai.

Kalau kamu punya desain atau gambar yang ingin dijadikan bingkai, tapi belum tahu cara memasukkannya, yuk simak langkah per langkah di bawah ini!

1. Setelah membuka dokumen baru, kamu pilih menu Insert.

2. Kemudian tekan Pictures.

Kamu pilih menu Insert, Kemudian tekan Pictures
Pilih menu Insert dan tekan Pictures

3. Selanjutnya kamu perlu mencari foto atau gambar yang tersimpan di dalam memori komputer. Jika sudah ketemu, tinggal klik Insert.

4. Lanjut klik pada gambar, supaya kamu langsung diarahkan pada menu Format.

5. Cari bagian Warp Text di dalam jendela menu Format. Lalu klik Behind Text agar gambar bingkai yang kamu pasang berada di belakang tulisan.

Klik Behind Text
Pilih Warp Text, lalu Behind Text

6. Sekarang tinggal seret gambar desainmu sampai sesuai dengan halaman. Selesai.

Contoh bingkai menggunakan gambar pribadi
Sesuaikan desain border dengan halaman

Begitulah cara membuat bingkai di Word. Sudah tahu ‘kan sekarang? Apa kamu sudah siap menjadikan lembar kerja lebih berwarna dengan bingkai?

Baca juga: Cara Menampilkan Ruler di Word, Cepat dan Mudah

Sekedar saran, meski kamu sudah tahu cara menambahkan bingkai pada Word. Bukan berarti kamu bisa menggunakan fitur ini dalam segala macam jenis dokumen. Terutama pada fitur Art yang ada di cara menambahkan bingkai pada halaman. Sebaiknya kamu tetap bijak dalam penggunaan fitur ini, ya!

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *