3 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Android

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor – Bagi masyarakat perkotaan perihal memiliki kendaraan pribadi bukanlah sesuatu yang baru atau jarang. Alih-alih jarang, memiliki kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor sudah layaknya sebagai kebutuhan bagi warga kota. Bagaimana tidak mengingat kondisi lalulintas terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan lain-lain sudah sangat padat.

Dan tentu akan menyulitkan apabila masih menggunakan transportasi umum. Ditambah kurangnya integrasi moda transportasi umum membuat kendaraan pribadi menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat perkotaan.

3 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Android

Kelebihan yang ditawarkan oleh kendaraan pribadi jelas yang pertama adalah kecepatan untuk sampai ke tempat tujuan terutama bagi pengendara sepeda motor. Kemudian fleksibilitas bagi penggunanya dalam arti dapat menjangkau semua wilayah kota tidak seperti beberapa transportasi umum yang masih terbatas trayeknya.

Sebagai pemilik kendaraan pribadi yang baik tentunya harus taat pada aturan yang berlaku di Indonesia. Misalnya saja taat kepada aturan lalulintas seperti wajib memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) apabila ingin mengendarai sesuatu di jalanan umum.

Adapula taat kepada aturan perpajakan kendaraan bermotor, hal tersebut sangatlah penting mengingat status pajak kendaraan akan berdampak pada aspek legalitas kendaraan anda masing-masing. Jika bermasalah bukan tidak mungkin kendaraan anda akan disita oleh pihak yang berwajib sampai anda menunaikan kewajiban anda sebagai pemilik motor.

Selain itu, dengan anda taat perpajakan kendaraan bermotor, anda otomatis turut serta dalam membangun negara. Pasalnya setiap uang yang anda keluarkan untuk membayar pajak akan berkontribusi untuk pembangunan negara, seperti halnya motto “Orang Pintar, Bayar Pajak”.

Baca juga: 3 Aplikasi Cek Ongkir dan Cek Resi Paling Populer

Berkat perkembangan teknologi yang semakin memudahkan hidup kita, maka saat ini anda sudah dapat melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor anda hanya melalui sentuhan jari. Atau dengan kata lain melalui ponsel anda dengan mengunduh aplikasi pengecek pajak kendaraan bermotor.

Dengan adanya aplikasi tersebut juga membantu proses birokrasi semakin lebih mudah. Karena tidak perlu lagi datang ke samsat hanya untuk mengecek status pajak kendaraan. Berikut merupakan aplikasi pengecek pajak kendaraan bermotor yang paling banyak diunduh di Google Play Store serta dapat menjadi referensi anda sebelum menggunakan salah satunya.

3 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor Terpopuler

1. Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Di urutan pertama menurut pencarian versi Google Play Store terdapat aplikasi pengecek pajak kendaraan bermotor dengan nama “Cek Pajak Kendaraan Bermotor”. Aplikasi ini mendapat total unduhan lebih dari 1 juta kali dengan rating sebanyak 4.0/5.0 dengan jumlah review yang masuk sebanyak 26 ribu review.

Aplikasi buatan Indonesia Bisa ini pertama kali dirilis pada 21 Desember 2016. Dan mendapatkan pembaharuan terakhir pada 28 September 2018 dengan versi 3.1.3. Selain itu aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 2.90 MB yang mana tergolong ringkas untuk jenis ponsel masa kini yang memiliki penyimpanan cukup besar.

Aplikasi tersebut terbilang cukup mudah dalam pengoperasiannya. Saat pertama kali masuk ke dalam aplikasi anda akan ditawarkan pilihan “Petunjuk” sebagai panduan sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Jika dirasa sudah paham, anda dapat langsung mengecek pajak kendaraan bermotor dengan memasukkan nomor polisi beserta nomor NIK anda sebagai pelengkap identitas.

Apabila data yang dimasukkan cocok, maka aplikasi akan menampilkan sederet informasi mengenai status perpajakan kendaraan Anda. Seperti nomor rangka, merek, warna kendaraan, nilai jual, pajak kendaraan serta yang paling penting adalah status kendaraan anda apakah pajaknya masih berlaku atau tidak.

Baca juga: 3 Aplikasi Cek Ongkir dan Cek Resi Paling Populer

Informasi yang disampaikan cukup lengkap sehingga anda dapat mengetahui beragam informasi mengenai kendaraan anda. Namun aplikasi tersebut mengandung iklan dan akan diputar saat anda pindah ke halaman yang lain dan belum seluruh provinsi di Indonesia dapat diperiksa keberadaan status kendaraannya.

2. Samsat Online Nasional

Samsat Online Nasional

Di urutan kedua terdapat aplikasi “Samsat Online Nasional”. Dengan total jumlah unduhan sebanyak lebih dari 1 juta unduhan dan rating 3.3/5.0. Dengan jumlah review yang masuk sebanyak 6 ribu. Aplikasi ini dibuat oleh @KORLANTAS POLRI yang pertama kali dirilis pada 29 Oktober 2017 dengan pembaharuan terakhir pada 13 April 2020. Aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 3.22 MB tidak begitu berbeda dengan aplikasi sebelumnya.

Keunggulan yang mencolok dari aplikasi ini adalah terdapat beragam fitur mengenai perpajakan kendaraan bermotor di Indonesia. Karena tidak hanya melayani pengecekan status pajak kendaraan melainkan dapat melakukan pembayaran pajak kendaran di dalamnya.

Dengan aplikasi ini, anda dapat dengan mudah membayar tagihan pajak bermotor. Dengan cara mendaftar pada aplikasi dan memasukkan informasi pendukung seperti nomor polisi, nomor rangka, NIK, nomor telepon, dan email sebagai syarat kelengkapan.

Jika proses pendaftaran sudah selesai, maka anda akan mendapatkan kode bayar. Kode bayar ini dapat anda gunakan untuk membayar pajak kendaraan anda melalui jaringan ATM. Selain itu anda juga akan mendapatkan bukti bayar yang akan dikirimkan ke alamat yang tertera pada STNK. Aplikasi ini cocok bagi anda yang menginginkan kemudahan pembayaran pajak kendaraan sekaligus mengecek status pajak kendaraan di dalam satu aplikasi bersama.

Kelebihan lainnya dibanding dengan aplikasi sebelumnya adalah pada aplikasi ini sudah dapat digunakan di semua provinsi di Indonesia. Hal ini bisa saja disebabkan karena kerjasama antar lembaga seperti Korlantas, Kemendagri, dan Jasa Raharja seperti yang tergambar pada screenshot aplikasi.

3. Cek Pajak Kendaraan

Cek Pajak Kendaraan

Urutan ketiga menurut jumlah unduhan terbanyak ditempati oleh aplikasi bernama “Cek Pajak Kendaraan”. Dengan total jumlah unduhan lebih dari 1 juta dan rating sebanyak 3.4/5.0 serta jumlah review mencapai 11 ribu. Aplikasi dibuat oleh Oprex Studio dengan pertama kali dirilis pada 11 Juni 2018. Dan pembaharuan terakhir pada 4 Maret 2020 dengan versi aplikasi terakhir 0.4.3. Aplikasi “Cek Pajak Kendaraan” memiliki ukuran sebesar 3.67 MB yang notabene tidak terlalu besar.

Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan “Cek Pajak Kendaraan Bermotor”. Karena dapat menampilkan informasi mengenai kendaraan, tanggal berakhir pajak, tanggal berakhir STNK hingga jumlah tagihan pajak jika anda belum membayar yang akan ditampilkan pada laman aplikasi.

Kekurangan aplikasi ini adalah belum tersedia di seluruh provinsi di Indonesia. Karena untuk saat ini hanya meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jambi, Yogyakarta, Kalimantan Barat. Kepulauan Riau, Lampung, NTB, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat.

Dari ketiga aplikasi tersebut dua di antaranya mengandung iklan di dalam aplikasi. Hal tersebut lumrah mengingat aplikasi hanya menawarkan informasi terkait status pajak kendaraan. Sehingga tidak memiliki konten untuk dilakukan monetisasi selain menyisipkan iklan di dalamnya.

Penambahan iklan sejatinya tidak masalah jika masih dalam batas wajar dan tidak sampai mengganggu kenyamanan user saat menggunakan aplikasi tersebut. Juga dengan adanya iklan sebagai upaya bagi pembuat aplikasi mendapatkan keuntungan dari membuat aplikasi tersebut.

Baca juga: 7 Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Seperti itulah beberapa referensi aplikasi pengecek status pajak kendaraan bermotor anda. Yang dapat anda gunakan sebagai langkah konkret menjadi warga negara yang taat aturan. Semoga ulasan mengenai aplikasi cek pajak kendaraan bermotor bisa bermanfaat. Dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya yang ada di selembar.com.

Leave a Reply